PKL (Praktik Kerja Lapangan) adalah program wajib bagi siswa SMK tak terkecuali siswa SMK Negeri 2 Pasuruan. Pembekalan perlu dilakukan agar siswa kelas XI memahami benar atas tugasnya selama melaksanakan PKL. PKL (Praktik Kerja Lapangan) adalah program pembelajaran di DU/DI atau Perusahaan ,atau bengkel yang ditempati selama 6 bulan.Sekolah tetap melakukan kontrol dengan cara memonitor siswa setiap 1 bulan sekali.Setiap monitor akan terdeteksi permasalahan permasalahan yang muncul.

Sebelum pemberangkatan ke tempat PKL (Praktik Kerja Lapangan), siswa dibekali dengan kemampuan sesuai kompetensinya. Pembekalan dimaksudkan agar siswa bisa mengikuti ritme kerja sehingga tidak merugikan pelanggan di bengkel. Siswa juga dibekali dengan pengetahuan tentang budaya industri, baik tentang tata tertib, jam kerja dan sanksi-sanksi kerja.Harapannya adalah siswa SMK Negeri 2 Pasuruan dapat bekerja sesuai dengan standart perusahaan. Banyak DU/DI atau Perusahaan ternama yang sudah menjalin kerjasama dengan SMK Negeri 2 Pasuruan, diantaranya :

  1. PT Auto 2000
  2. Mitsubizi
  3. YMPI
  4. YEMI
  5. BOMA BISMA INDRA
  6. PANASONIC
  7. ALFA MIDI
  8. HOTEL DARUSSALAM

Banyak lagi DU/DI atau perusahaan yang selalu setia menjalin kerjasama dengan SMK Negeri 2 Pasuruan. Untuk mendapatkan jaminan keselamatan kerja bagi siswa PKL, SMK Negeri 2 Pasuruan bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan. SMK Negeri 2 Pasuruan memilih BPJS tersebut karena dapat dipercaya dan dijamin akan memberikan kemudahan dalam mengklaim aopabila terjadi kecelakaan kerja selama siswa melaksanakan PKL. Karena itu pada acara tersebut juga turut hadir Kepala BPJS cabang Pasuruan untuk memberikan sambutan.