Potensi SMK yang meliputi SDM Guru dan Tenaga Kependidikan lainnya, Fasilitas baik berupa sarana, prasarana dan kebijakan serta kurikulum ternyata dapat mendorong terwujudnya pendidikan yang senantiasa dapat berinteraksi dengan lingkungan, baik sosial, budaya, maupun ekonomi. Pengenalan dan Praktek nyata dalam kehidupan masyarakat yang sebenarnya dapat diterapkan untuk memberikan kesempatan bagi sekolah untuk masuk dalam interaksi tersebut. Bentuk dari kesempatan yang diberikan kepada sekolah untuk belajar berinteraksi dengan masyarakat dalam bidang ekonomi dapat berupa usaha perdagangan dalam berbagai jenis dan macamnya, dan inilah yang disebut dengan Program Bisnis Center. SMK Negeri 2 Pasuruan memiliki program Bisnis Center unggulan diantaranya sebagai berikut :

1. Unit Sewa

Unit sewa adalah unit yang membidangi usaha persewaan di SMK Negeri 2 Pasuruan. Unit Sewa SMK Negeri 2 Pasuruan dibentuk sebagai sub unit usaha yang berperan dalam pelayanan jasa sewa-menyewa baik kepada warga sekolah maupun masyarakat luas yang membutuhkan.

  • Mobil Roda 4 (Avanva Veloz) Tarif /hari : Rp. 250.000
  • Genset 60 KVA Tarif /hari : Rp. 2.500.000

 

2. NeroMart

Dibangun dan diimplementasikan di SMK Negeri 2 Pasuruan sebagai pusat pendidikan dan pelatihan bagi siswa SMK Negeri 2 Pasuruan dalam upaya penajaman skill bisnis siswa sekaligus sebagai unit usaha yang dikelola Secara profesional dan profitable.

 

3. Nero.Net

Pada masa sekarang tentu kita tidak asing dengan istilah RT/RW Net. Hal ini merupakan bisnis yang cukup diminati untuk memeberikan layanan akses internet kepada masyarakat. Dengan biaya yang cukup terjangkau masyarakat bisa mendapatkan akses internet dengan koneksi yang stabil dan bandwith yang besar dibanding harus menggunakan modem yang memakai sistem quota.