Rabu, 04 Mei 2016 - 15:22:28 WIB
UNBK ( UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER ) ANTARA UNTUNG DAN RUGI
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Pendidikan - Dibaca: 7041 kali

Oleh : Anang Prasetya, S.Pd
Guru SMK Negeri 2 Pasuruan


                   Penyelenggaraan UNBK serentak dilaksanakan pada tahun2017. Mudah-mudahan target ini bisa tercapai. Menengok sejenak tentang beberapa sekolah di wilayah Jawa Timur yang telah melaksanakan UNBK dengan segala dampak positif dan negatifnya. Ujian yang mengedepankan proses dengan sementara waktu mengesampingkan hasil ujian ini mudah-mudahan dapat memenuhi harapan pemerintah dan masyarakat terutama di dunia pendidikan nasional. Pelaksanaan UNBK bertujuan melaksanakan ujian secara mandiri dan terlebih lagi diharapkan dapat dilaksanakan secara terhormat dan bermartabat.
Apakah ada indikasi keberhasilan UNBK setelah dilaksanakan dalam kurun waktu dua tahun terakhir ini meskipun hanya dilaksanakan kurang dari 50% sekolah di Indonesia ?
                  Tujuan pemerintah yang ingin meningkatkan kualitas Ujian Nasional dari segala sisi termasuk tekniks pelaksanaannya sepenuhnya didukung oleh seluruh lapisan masyarakat terutama institusi sekolah sebagai pelaksana  proses pendidikan, meskipun untuk perubahan mendasar tentang pelaksanaan ujian dengan menggunakan komputer menanggung banyak resiko. Bayangkan saja untuk penyediaan sarana komputer dan perangkatnya sekolah harus pandai melakukan pengelolaan terutama dari segi biaya. Disamping itu sekolah harus pandai dalam menentukan skala prioritas dari banyak program pendidikan di sekolah. Ada beberapa program sekolah yang ditangguhkan bahkan dibatalkan dikarenakan faktor biaya yang tersedot untuk pelaksanaan UNBK. Langkah berani dunia pendidikan di Indonesia dengan melakukan perubahan pelaksanaan ujian yang sudah terbiasa dengan menggunakan kertas berubah dengan menggunakan komputer harus diimbangi dengan peningkatan sumber daya manusianya dalam hal ini adalah guru dan siswa. Harus ada balancing antara biaya mahal yang dikeluarkan dengan peningkatan nilai hasil ujian. Sungguh sangat berdosa jika fasilitas berteknologi canggih yang digunakan dalam ujian disia-siakan oleh pelajar di Indonesia.Ketidakseriusan saat pelaksanaan ujian dan rasa tanggungjawab yang kurang dari siswa seakan jadi bumerang yang akan menikam dunia pendidikan di Indonesia dan pada akhirnya akan menuntut pertanggungjawaban dari para pelaku dunia pendidikan terutama guru dan siswa.  Pemerintah dan masyarakat tentu akan menunggu perubahan dan peningkatan kualitas pendidikan melalui UNBK. Pertanyaannya adalah mampukah kita mewujudkan harapan tersebut ?
                  Keberhasilan sebuah ujian ditentukan oleh banyak faktor , diantaranya adalah : siswa sebagai peserta ( SDM ), pengawas ujian, sarana dan prasarana pendukung, panitia pelaksana dan kebijakan pemerintah. Faktor kebijakan pemerintah menjadi faktor terpenting dari pelaksanaan  ujian nasional, karena menyangkut masalah komitmen yang akan berdampak pada kepercayaan masyarakat terhadap sekolah. Jika pemerintah konsisten dengan peraturan yang telah dibuat  dan siap menerima hasil ujian nasional tanpa dikaitkan dengan kebijakan yang lain maka sekolah akan menyelenggarakan  ujian sesuai dengan juknis yang telah diterbitkan. Jika pemerintah belum tegas menyatakan komitmennya untuk melaksanakan ujian secara bersih dan bermartabat maka pihak penyelenggara ujian nasional akan setengah hati atau ragu-ragu bertindak tegas sesuai dengan juknis yang telah diterima. Hal ini akan berpengaruh pada saat melaksanakan pengawasan ujian dan ketertiban siswa saat melaksanakan ujian dan terakhir berdampak pada hasil ujian nasional. Pembenahan memang harus dilakukan dari segala segi agar ujian yang mandiri dan bermartabat bukan hanya sebuah kiasan.
                  Pembenahan dari faktor SDM ( siswa peserta ujian ) juga tak boleh dianggap remeh.Degradasi mental belajar  pelajar di Indonesia terjadi sekitar 10 sampai 15 tahun  tahun terakhir ini. Atmosfir Ujian Nasional tidak lagi kita rasakan saat pelaksanaannya. Siswa tak lagi menjadikan ujian nasional sebagai ajang untuk adu gengsi untuk mempertaruhkan harga dirinya . Kondisi semacam ini harus segera kita luruskan . Kita harus bisa merubah wawasan siswa / pelajar di Indonesia agar memandang ujian nasional sebagai perhelatan terbesar bagi seorang pelajar. Kita juga harus dapat mengembalikan image ujian nasional untuk kembali dihargai oleh seluruh masyarakat di Indonesia khususnya pelajar. Langkah-langkah apa yang harus kita lakukan agar ujian nasional kembali menunjukkan pamoranya di mata masyarakat dan di mata pelajar di Indonesia ?
  1. Memberikan wawasan kepada seluruh pelajar di Indonesia terkait dengan pentingnya nilai UNAS  sebagai alat untuk melanjutkan studi atau melamar pekerjaan  ( bagi siswa SMK ). Gambaran tentang prosentase terbesar rekrutmen karyawan pada perusahaan elite di Indonesia tetap mempertimbangkan nilai unas sebagai acuannya. Hal ini tidak cukup dengan memberikan data penelusuran tamatan yang berhasil terjaring pada rekrutmen karyawan pada perusahaan tetapi perlu ditunjukkan dengan bukti nyata baik berupa data tamatan ataupun berupa wawancara langsung dengan siswa yang berhasil dan kemudian disosialisasikan melalui sebuah video dan ditayangkan saat pembelajaran berlangsung. Dengan bukti nyata tersebut diharapkan siswa dapat tersentuh nuraninya yang pada akhirnya berpengaruh pada motivasi belajarnya.
  2. Menunjukkan kepada pelajar di Indonesia bahwa pemerintah ( Kementrian Pendidikan , Pemerintah Daerah dan sekolah ) konsisten dalam menentukan hasil ujian dalam arti pelajar di Indonesia benar-benar mempercayai bahwa hasil ujian tidak  diwarnai  dengan proses rekayasa dan hasil ujian benar-benar tidak dapat diganngu gugat. Disamping itu pemerintah juga harus tegas dalam menyatakan hasil lulus atau  tidak lulus dengan segala konsekuensinya. Artinya siswa yang tidak lulus dikenakan sanski yang dapat menimbulkan efek jera. Dengan demikian diharapkan siswa benar-benar bertanggungjawab dengan saat mengikuti prosesi ujian nasional.
  3. UNBK adalah salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk membentuk karakter jujur, mandiri, tanggung jawab, disiplin dan mungkin juga sportif dalam menerima hasil ujian. Upaya itu akan bertepuk sebelah tangan apabila tidak ditanggapi oleh pelaku ujian ( siswa ). Motivasi belajar yang tinggi perlu ditumbuhkan. Siswa tetap harus menerima kenyataan bahwa apapun fasilitas yang disediakan belajar adalah kata kunci keberhasilannya. Dengan UNBK kesalahan proses penilaian sudah dapat diminimalisasi. Komputer akan menjamin bahwa semua jawaban benar dan salah akan terakomodir sesuai dengan kenyataannya. Harapannya adalah siswa yang sudah menjawab soal dengan benar pasti nilainya baik. Hal ini menguntungkan siswa dibandingkan saat ujian dengan menggunakan kertas. Jawaban yang benar belum tentu terakomodir hanya karena faktor arsiran yang kurang sempurna. Jadi nilai yang muncul adalah murni dari jawaban siswa peserta ujian. UNBK mungkin hal baru bagi  dunia pendidikan di Indonesia sehingga banyak faktor teknis dan non teknis yang kadang-kadang harus setengah dimaklumi.Banyak hal yang terasa tidak perlu terjadi namun nyatanya harus terjadi. Rasa penasaran siswa terhadap nilai yang dicapai terkadang mengurangi keseriusan mereka dalam menjawab pertanyaan. Bahkan mereka menganggap nilai adalah sesuatu yang bisa dijadikan teka-teki . Ironisnya lagi mereka tak terlihat sedih saat nilai yang muncul jelek. Bahkan mereka mereka tertawa terbahak-bahak saat membandingkan nilai dengan teman-temannya. Mudah-mudahan ini hanya sebuah proses pendewasaan. Kita berharap suatu saat siswa tak lagi canggung melakukan ujian dengan komputer dan tingkat keseriusannya akan meningkat saat UNBK sudah menjadi hal yang biasa.
  4. Menumbuhkan rasa tanggung jawabjawab terhadap orang tua, sekolah, bangsa dan agama
    Rasa tanggung jawab terhadap amanah orang tua untuk melaksanakan pendidika dalam rangka mencari penghidupan yang lebih layak adalah sentuhan nurani yang mungkin dapat memacu motivasi belajar siswa.Tugas kita sebagai seorang guru untuk selalu mengingatkan anak-anak terhadap orang tuanya. Jika rasa itu tumbuh maka penanaman tanggung jawab sudah mulai muncul dan ini merupakan kabar baik bagi dunia pendidikan.
    Berikutnya adalah saat rasa tanggung jawab terhadap agama, bangsa dan negara. Jujur adalah tantangan terberat bagi seluruh pelajar. Kebanyakan mereka selalu ketakutan dengan nilai hasil ujian. Sehingga apapun akan dilakukan untuk mendapat nilai yang baik. Mereka berani mencontek, membuka catatan ( ngerpek ) bahkan browsing lewat internet saat menjawab sebuah pertanyaan. Mereka sudah tidak takut akan dosa. Maka tugas kita semua untuk meluruskan dan merubah pandangan serta meningkatkan nilai spiritual.
Sebenarnya masih ada koreksi yang perlu kita lakukan agar UNBK tidak terkesan hanya melakukan perubahan operasional ujian saja , tapi bagaimana   tujuan pelaksanaan  UNBK dapat benar-benar tercapai. Kurun waktu dua tahun ternyata belum cukup untuk melakukan sosialisasi UNBK. Masih banyak siswa yang melakukan kesalahan tekniks misalnya salah pencet ,  menutup soal sebelum semua dikerjakan, atau bahkan tidak tahu bagaimana harus mengahkiri sebuah pekerjaan. Trisno jalaran soko kulino mungkin peribahasa yang tepat untuk menggambarkan pelaksanaan UNBK. Pola ujian dengan menggunakan kertas sudah mendarah daging, sehingga ujian kurang terasa gregetnya bila tidak dikerjakan di lembaran kertas. Tapi kita masih berharap agar suatu saat nanti kita menemukan formula yang tepat untuk pelaksanaan UNBK sehingga atmosfir ujian dapat kita rasakan kembali. Siswa tak lagi peduli dengan sarana yang digunakan, tetapi akan lebih fokus pada persiapan materi dan kemampun mengerjakan soal. Sehingga tidak akan kita temukan lagi siswa yang kurang serius dalam mengerjakan soal dan hanya bisa mengoperasikan komputer dan mengikuti ujian tetapi sudah berfikir tentang nilai hasil ujian. Karena itu tugas kita ( sekolah dan guru ) untuk mempersiapkan SDM ( siswa ) kita dari persiapan mental sampai materi ujian. Kita tidak ingin biaya yang dikeluarkan mahal tetapi tidak sebanding dengan hasil yang ingin dicapai. Frekuensi ujian dengan komputer harus terus dibiasakan, misalnya ujian semester  atau ulangan harian. Jika semua ujian dilakukan dengan komputer maka tidak mustahil tahun depan kualitas pelaksanaan UNBK akan mengalami peningkatan. Semoga

Anang Prasetya, S.Pd


11 Komentar :

http://aaronharrier.weebly.com/blog/non-surgical-hammer-toe-correction
27 Mei 2017 - 18:20:23 WIB

A motivating discussion is definitely worth comment. I believe that
you need to write more about this topic, it might not be a taboo matter but typically folks don't speak about
such subjects. To the next! Cheers!!
http://SharenDelagado.bravesites.com/entries/general/What-Can-Be-Done-For-Hammer-Toe-Pain-Relief
27 Mei 2017 - 15:58:22 WIB

There's certainly a great deal to find out about this topic.
I really like all of the points you've made.
lucretiascholle.weebly.com
29 April 2017 - 18:29:41 WIB

We are a bunch of volunteers and opening a new scheme in our
community. Your web site provided us with helpful info to work on. You've done a formidable activity and our whole community shall be thankful to you.
mukhamad viki
02 Mei 2017 - 18:10:34 WIB

Lihat pengumuman kelulusan 2016-2017
mukhammad suhel
03 Mei 2017 - 13:09:31 WIB

Nilai saya brp
anabelkrumm.wordpress.com
21 Mei 2017 - 10:19:16 WIB

I have been browsing online more than 4 hours
today, yet I never found any interesting article like
yours. It's pretty worth enough for me. In my opinion,
if all site owners and bloggers made good content as
you did, the web will be much more useful than ever before.
http://adamantkeystone73.hazblog.com
21 Mei 2017 - 10:21:30 WIB

Asking questions are actually good thing if you are not understanding anything entirely, except this paragraph provides
pleasant understanding even.
mandahoberek.hatenablog.com
25 Mei 2017 - 09:18:55 WIB

My programmer is trying to convince me to move to .net from PHP.

I have always disliked the idea because of the expenses.
But he's tryiong none the less. I've been using Movable-type on various websites for about a year and am concerned about switching to another platform.

I have heard excellent things about blogengine.net. Is there a way I can transfer
all my wordpress content into it? Any kind of help would be
really appreciated!
http://MyrtisKeiffer.bravesites.com/
28 Mei 2017 - 15:26:25 WIB

Does your website have a contact page? I'm having problems
locating it but, I'd like to shoot you an email. I've got
some ideas for your blog you might be interested in hearing.
Either way, great website and I look forward to seeing it improve over time.
ruddysalvation027.soup.io
28 Mei 2017 - 15:26:31 WIB

excellent issues altogether, you simply gained a new reader.
What could you suggest about your submit that
you just made a few days in the past? Any certain?
<< First | < Prev | 1 | 2 | Next > | Last >>
Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan kode diatas)