Jumat, 10 Juni 2011 - 05:16:23 WIB
SMK, Tidak Lagi Sekolah Buangan
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Pendidikan - Dibaca: 2038 kali

JAKARTA - Dulu, sekolah menengah kejuruan (SMK) lekat dengan stigma sekolah buangan bagi siswa yang tidak diterima di sekolah menengah atas (SMA). Kini, stigma tersebut mulai pudar, seiring meningkatnya popularitas SMK.

Lewat kampanye SMK Bisa! pemerintah mempromosikan kualitas SMK sebagai pencetak tenaga kerja siap pakai yang mampu bersaing di dunia industri. Kenyataannya, kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) yang mengadopsi kurikulum nasional dari pemerintah memang menyiapkan para lulusan SMK agar memiliki kompetensi lebih.

"Lulusan SMK punya kompetensi dan keahlian yang layak diperhitungkan oleh dunia industri. Lulusan SMK bisa melakukan sesuatu yang lebih serta mampu bersaing dengan lulusan sekolah lain," ujar Guru SMKN 51 Jakarta Hartono kepada okezone beberapa waktu lalu.

Hasilnya bisa terlihat pada Pameran Produk Kreatif Indonesia (PPKI) 2010 pekan lalu di Jakarta Convention Center. Puluhan SMK dari berbagai daerah di Indonesia memamerkan produk usaha yang murni dihasilkan para siswa mereka.

Ada SMK yang memamerkan hasil kerajinan kulit berupa sandal, tas, dan jaket. Ada yang memamerkan hasil kerajinan batik dalam berbagai desain baju dan aksesoris. Ada juga SMK yang mendemonstrasikan seni ukir dan pahat kayu sambil memamerkan produk-produk ukiran kayu mulai dari jam meja hingga ukiran kayu tiga dimensi.

Di pameran ini ada juga siswa SMK yang berseliweran menjinjing kamera dan melakukan reportase pameran, langsung di tempat pameran. Bahkan, ada SMK yang unjuk kebolehan merakit komputer jinjing dalam waktu singkat.

Lulusan SMK terbukti banyak terserap di dunia kerja atau membuka berbagai usaha sendiri dan menciptakan lapangan kerja baru. Banyak juga di antara mereka yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Salah satu siswi SMK Broadcast Cakra Buana Bianca Noor Dayanti mengaku bangga jadi anak SMK. Menurutnya, SMK bukan lagi merupakan sekolah anak-anak buangan. "Ketika saya cerita ke teman-teman saya yang masih SMP tentang SMK, mereka malah antusias ingin masuk SMK juga," papar gadis yang akrab disapa Bea ini.

Menurut Bea, sekarang pemerintah sudah memperhatikan dan mempromosikan SMK. "Terbukti, di pameran ini produk-produk yang dihasilkan anak-anak SMK sudah bagus, jadi sekalian membuka mata masyarakat tentang SMK," pungkasnya. (rhs)

sumber: okezone.com




    1 Komentar :

    gadai bpkb mobil
    17 April 2017 - 12:42:56 WIB

    memang banyak sekali yang menganggap bahwa smk adalah sekolah buangan, akan tetapi justru banyak sekali luusan smk yang memiliki keterampilan tingkat tinggi
    << First | < Prev | 1 | Next > | Last >>