Jumat, 06 Mei 2016 - 08:41:03 WIB
ADIWIYATA MENYENTUH HATI MEMBANGUN NEGERI
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Kegiatan Adiwiyata - Dibaca: 844 kali

Oleh : Anang Prasetya, S.Pd
Guru SMK Negeri 2 Pasuruan

               Adiwiyata adalah lambang supremasi  tertinggi di bidang kebersihan sekolah. Program ini adalah program tahunan yang dilaksanakan di seluruh Indonesia. Model kompetisi secara sehat dan diharapkan dapat membangun sumber daya manusia Indonesia menjadi manusia yang mempunyai tingkat kesadaran tinggi untuk selalu hidup bersih dan peduli lingkungan. Bukan rahasia lagi bahwa negara Indonesia selalu mendapat peringkat terendah di bidang kebersihan dan lingkungan hidup. Tidakkah ada rasa iri saat kita melihat tayangan televisi yang menyorot jalan-jalan di negara-negara tetangga kita seperti Singapura, Malaysia atau mungkin Thailand. Begitu bersih dan indahnya pemandangannya. Hal ini tentu akan berdampak pada kualitas hidup dan kualitas sumber daya manusia sehingga tingkat produktifitasnya akan meningkat.  Tidak salah apabila sekolah menjadi sasaran untuk pembangunan di negeri tercinta ini. Sekolah adalah pencetak generasi bangsa yang diharapakan dapat memberi kontribusi lebih daripada  sekedar menerima wawasan dan pelaksana kebersihan di tingkat sekolah dan sekitarnya, tetapi diharapkan siswa dapat mempengaruhi dan menjadi pelopor kebersihan di lingkungan yang lebih luas lagi yaitu di lingkungan rumah dan tempat tinggalnya baik di desa atau di kota. Selain itu diharapkan Adiwiyata dapat merubah pola pikir serta budaya hidup ke arah yang lebih baik dan berkualitas. 
              Saat program Adiwiyata mulai disosialisasikan banyak pro dan kontra yang terjadi baik di kalangan pendidikan maupun di lingkungan masyarakat. Program ini dianggap mengada-ada baik dari sisi program fisik ataupun mental. Program Adiwiyata juga dituding telah menghabiskan banyak dana yang terbuang sia-sia.Namun seiring berjalannya waktu semakin kita menjalankan dan mendalami arti dari kegiatan adiwiyata dan manfaatnya ternyata program ini memang sangat bermakna untuk kelangsungan hidup manusia dan lingkungannnya meskipun dilakukan dalam lingkup terkecil yaitu lingkungan sekolah. Program ini sangat detail dalam mengatur semua kegiatan yang terkait dengan kelangsungan hidup manusia dan lingkungannya. Bayangkan saja mulai dari kegiatan pemungutan sampah sampai mengatur kelangsungan hidup tumbuh-tumbuhan, mengatur sirkulasi air dan pemanfaatan limbah. Sungguh program ini sangat lengkap dan bermanfaat bagi kita semua. 
Pembangunan sumber daya manusia Indonesia terutama pembangunan karakter bangsa yang diawali dengan pembangunan mental siswa  diharapkan dapat melaksanakan hidup bersih dan sehat serta ramah lingkungan membutuhkan partisipasi, kerjasama dan kesadaran yang sangat tinggi. Perubahan pola pikir dan membudayakan sesuatu yang tidak biasa kita lakukan juga membutuhkan waktu yang lama. Pertentangan batin dan rasa malu untuk melakukan sesuatu yang benar tapi jarang dilakukan adalah  fakta. Memungut sampah yang tidak pada tempatnya jelas menjadi bahan tertawaan apabila kita melakukan di depan banyak orang yang tingkat kesadarannya rendah, walaupun apa yang kita lakukan benar. Kalau kita menuruti budaya yang salah maka kita akan kalah, tetapi kalau kita tetap bersikukuh melakukannnya maka kita akan menjadi pelopor dan memberi contoh nyata akan sesuatu yang benar. Apa yang kita lakukan akan menjadi awal dari proses pembentukan kesdaran akan sesuatu yang benar. Jadi ketahanan mental menjadi salah satu faktor penting untuk kesuksesan program Adiwiyata . 
              Suasana rindang dan asri adalah pemandangan yang sering kita jumpai di hampir semua sekolah yang sudah melaksanakan program Adiwiyata . Bukan menjadi sesuatu yang aneh apabila kita jumpai taman-taman yang indah dengan keanekaragaman hayati yang mendukung. Secara fisik sekolah telah mempunyai faktor ganda yaitu sebagai tempat belajar sekaligus sebagai tempat rekreasi. Kepenatan belajar sepertinya akan segera hilang apabila kita keluar kelas dan bermain atau sekedar duduk-duduk menikmati hijaunya daun dan ikan-ikan yang berkejaran di kolam dengan gemercik airnya. Barangkali hal ini dapat meningkatkan daya pikir sehingga secara signifikan proses pembelajaran dan hasil belajar akan mengalami peningkatan kualitas.Green House adalah contoh kecil dari paru-paru dunia. Hutan kecil yang dibuat untuk menjamin kebersihan udara dan sirkulasinya sehingga kebutuhan udara bersih akan terpenuhi. Saluran biopori juga semakin melengkapi terwujudnya mata rantai kehidupan. Tempat sampah banyak kita jumpai di setiap sudut sekolah. Bahkan asap rokok dan asap kendaraan sudah benar-benar sirna dari lingkungan sekolah. Kalau kebutuhan hidup sehat dan bersih dengan lingkungan yang asri benar-benar terwujud maka seluruh warga sekolah akan meraskan  manfaatnya. 
             Ciri khas bangsa Indonesia yang harus kita akui adalah kita bertindak sebagai konsumen dan hanya sebagai pengguna tanpa berfikir tentang bagaimana semua yang sudah ada menjadi lestari sehingga kita dapat menikmati semua dalam jangka waktu yang lama. Maka tugas untuk mengimbangi pembangunan sarana fisik yang sudah bagus adalah pembangunan kesadaran atau pembangunan mental yang justru mendapat tantangan yang lebih berat. Pembangunan mental dikatakan berhasil apabila ada perubahan sikap dari semua pihak/ seluruh masyarakat sekolah untuk hidup bersih dan sehat.Fisik sekolah yang sudah tampak bersih dan sehat tidaklah bisa bertahan lama tanpa adanya pemeliharaan dan perawatan. Tidak cukup petugas sekolah untuk menjaga kebersihan sekolah, karena itu tetap dibutuhkan kesadaran yang tinggi dari semua pihak. Papan tulisan yang berisi tentang himbauan untuk membuang sampah pada tempatnya dan himbauan lainnya dipampang di setiap sudut kelas. Hal ini diharapakan dapat mengingatkan kita untuk setiap saat sadar akan kebersihan dan lingkungan. Dengan tidak merusak sarana yang ada adalah tindakan minimalis yang bisa memberi kontribusi terhadap pemeliharaan sarana di sekolah. Corat-coret yang tidak perlu ataupun cap sepatu yang sering menempel di dinding kelas jelas akan merusak suasana. Mencabut daun-daun keringpun dapat kita lakukan sebagai bentuk partisipasi.Lima menit bersih-bersih sebelum pulang tampaknya juga merupakan langkah efektif untuk menumbuhkan rasa tanggungjawab dan peduli lingkungan. Kamar mandi juga dapat dijadikan cerminan hidup sehat.Apabila masuk ke kamar mandi tak lagi mendapatkan bau tak sedap. Bahkan rasa nyaman dan bau harum saat kita memang benar-benar memerlukan sarana tersebut. 
              Program Adiwiyata diawali dengan kegiatan sosialisasi program tentang perlunya hidup bersih dan sehat. Sosialisasi ini untuk membuka wawasan kita semua dan  meyakinkan bahwa kegiatan ini mempunyai tujuan yang mulia. Setelah sosialisasi perlu tindakan nyata. Kegiatan Jumat bersih yang dilakukan secara rutin membuat kita menjadi terbiasa untuk bekerja bersama-sama membersihkan lingkungan sekitar. Partisipasi warga sekolah saat awal kegiatan rendah, namun seiring terbiasanya kita dengan kegiatan tersebut lama kelamaan partisipasi dari seluruh warga sekolah meningkat. Tidak ada lagi keterpaksaan untuk menyapu halaman atau melakukan hal terkecil yaitu mencabut rumput atau memungut sampah di sekitar kita. Rasa senang yang mulai muncul merupakan tanda-tanda terjadinya perubahan pola hidup.
Sebenarnya adakah hubungan antara program Adiwiyata dengan pembangunan karakter bangsa ?
 Bila kita kaji tentang proses menuju hidup sehat dan bersih secara langsung dan tidak langsung adalah proses pembelajaran . Kita dapat mengambil manfaat dari semua himbauan yang intensif kita dengung-dengungkan.
1. Himbauan untuk tidak merokok
Merokok dapat dikatakan kebutuhan bagi sebagian orang. Perokok biasanya identik dengan sifat-sifat yang kurang baik diantaranya pemalas, pemarah, kurang bertanggungjawab, kurang sadar di bidang kebersihan dan lain-lain. Apabila kita tidak merokok maka sifat-sifat baik akan segera muncul sebagai penggantinya. Secara rastional dapat dikatakan seluruh warga sekolah akan menjadi orang-orang yang bertanggujawab, jujur, sadar kebersihan dan lain-lain. Maka secara otomatis kita membentuk karakter bangsa menjadi lebih baik.
2. Himbauan untuk tidak membuang sampah sembarangan
Membuang sampah pada tempatnya adalah pembiasaan untuk kita berlatih bertanggungjawab dan mentaati aturan yang berlaku. Dengan selalu membuang sampah pada tempatnya kita akan menjadi manusia yang tertib dan disiplin. Gelas bekas minuman atau bungkus bekas makanan tak akan tampak lagi berserakan.
3. Himbauan untuk bersih-bersih kelas lima menit sebelum pulang. 
Budaya ini juga mengandung banyak makna yang menyangkut tentang disiplin, kerjasama, sadar lingkungan, tanggungjawab dan hal-hal lain yang mungkin belum terasa dampaknya
4. Himbauan untuk menghemat listrik dan hemat dalam pemanfaatan energi yang lain
Penggunaan energi yang dilakukan secara hemat akan mendidik kita untuk menjadi orang yang bertanggungjawab, disiplin, dan hemat.Dalam pelajaran praktikum di bengkel hal ini sangat bermanfaat untuk bisa bertanggungjawab terhadap penggunaan sarana yang ada, pemeliharaan alat dan pembuangan serta pengolahan limbah yang ramah lingkungan.
5. Himbauan untuk menanam pohon 
Himbauan ini akan membentuk pribadi yang menyadari pentingnya lingkungan hidup yang sehat dan menjamin kelangsungan hidup keanekaragaman hayati yang merupakan faktor penting untuk kelangsungan hidup kita. Dengan menanam pohon kita akan mengerti pentingnya menjaga kelestarian hidup untuk mendukung program mencegah terjadinya global warming yang mengancam dunia.
Semua program terkait dengan Adiwiyata mempunyai tujuan  dapat membangun kelestarian hidup dengan pola hidup sehat dan bersih. Disamping itu apabila hati kita sudah secara sadar melaksanakan semua kegiatan dengan ikhlas dan benar maka pembangunan sumber daya manusia Indonesia yang seutuhnya akan tercapai yaitu membangun generasi muda Indonesia yang diharapkan mampu memberi kontribusi lebih terhadap pembangunan  negeri tercinta ini.




4 Komentar :

http://plaza.rakuten.co.jp/paztumblin/diary/201507110000
21 Mei 2017 - 10:26:27 WIB

Hi there friends, how is the whole thing, and what you
would like to say concerning this article, in my view its truly amazing designed
for me.
lori7gardner4.over-blog.com
25 Mei 2017 - 10:29:34 WIB

I have learn a few just right stuff here. Certainly value bookmarking for revisiting.

I wonder how so much attempt you set to create the sort of magnificent informative site.
gracielahankison.wordpress.com
28 Mei 2017 - 13:08:23 WIB

It's remarkable to pay a visit this web site and reading the views of all mates about this post, while I am
also keen of getting knowledge.
Pembesar Penis
25 Agustus 2017 - 17:53:23 WIB

Pembesar Penis Vimax Herbal merupakan terobosan Obat Pembesar Penis Pria Paling ungul di yaman sekarang Pembesar Penis Vimax memecahkan penjualan dunia terbaik dari yang terbaik menjadi Pembesar Penis ungulan dan sudah terbukti manfaatnya. Saya salah satu penjual distributor resmi di indonesia jangan ragu buat mencoba kedahsyatan Pembesar Penis yang saya jual. https://goo.gl/VJo8nM | https://goo.gl/TTufw7 | https://goo.gl/euiOqP | https://goo.gl/ZBxTRs | https://goo.gl/Cc6AmK | https://goo.gl/W975bK | https://goo.gl/iFWrpe | https://goo.gl/HKPG4A
<< First | < Prev | 1 | Next > | Last >>
Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan kode diatas)