Jumat, 06 Mei 2016 - 08:28:41 WIB
SEKARANG SAATNYA SEMUA MATA TERTUJU PADA SMK
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Pendidikan - Dibaca: 800 kali

Oleh : Anang Prasetya,S.Pd
Guru SMK Negeri 2 Pasuruan
               Pandangan masyarakat terhadap SMK ( Sekolah Menengah Kejuruan ) harus segera dirubah. SMK bukan lagi sekolah nomor dua setelah SMA dan bukan lagi menjadi sekolah alternatif bagi anak-anak yang kualitasnya menengah ke bawah. Sudah saatnya SMK mendapat pengakuan masyarakat dan Pemerintah dengan segala eksistensinya dalam memberikan kontribusi dan warna terhadap pembangunan sumber daya manusia Indonesia. SMK adalah sekolah elite dengan kredibilitas yang tinggi.Banyak sekali bukti-bukti yang harusnya mendapat  penghargaan dan apresiasi yang tinggi atas seluruh karya cipta dan karya inovatif yang sudah dibuat oleh siswa SMK. Banyaknya kompetisi yang diadakan oleh komunitas SMK juga menunjukkan bahwa siswa SMK sudah terbiasa dengan situasi kompetitif . Kompetisi baik yang diadakan oleh pemerintah seperti LKS ( Lomba Kometensi Siswa ), Lomba Jawara ataupun yang diadakan oleh perusahaan –perusahaan ternama bahkan banyak perguruan tinggi yang  secara rutin mengadakan kompetisi tahunan. Sudahkah anda menengok pameran –pameran berskala regional dan skala nasional juga membuktikan bahwa SMK tidak main-main dalam membuat karya nyata dengan kualitas produksi yang berstandart perusahaan baik nasional maupun internasional.Gedung-gedung SMK dengan segala fasilitasnya  juga sangat layak bahkan kadang terkesan mewah.Siswa SMK juga sangat bangga dengan pakaian seragam yang menunjukkan kerapian dan kedisiplinan yang tinggi. Tak jarang kita melihat mereka bangga menggunakan jas almamaternya yang terlihat sangat bersahaja.
Apa sebenarnya yang membuat masyarakat kita masih memandang sebelah mata terhadap keberadaan SMK di Indonesia ?
Perkembangan SMK dalam satu dasawarsa terakhir ini memang sangat menonjol. Banyak hal yang secara tidak langsung membuat SMK semakin meningkat kredibilitasnya. Pembenahan dilakukan di banyak sektor baik secara management, fisik, peningkatan kualitas pendidik, sarana dan prasarana, serta peningkatan SDM ( kualitas siswanya ). Bahkan peran SMK sangat antusias dan berada dalam barisan terdepan dalam menghadapi pasar bebas ASEAN ( MEA ) ataupun pasar bebas Internasional. Beberapa langkah SMK yang dapat dinilai sebagai langkah konkrit untuk mewujudkan dan meningkatkan kredibilitasnya adalah :
  1. Secara management banyak SMK seperti SMK Negeri 2 Pasuruan telah bersertifikat ISO. Dengan demikian kita yakin bahwa segala urusan terkait dengan proses atau operasional kerja yang ada di sana telah standart atau sesuai dengan ketentuan yang berlaku secara internasional. Imbas dari itu semua adalah ketertiban administrasi yang akhirnya membuat semua pekerjaan kita menjadi rapid an terkontrol. Dengan demikian produktifitas kerja akan meningkat dan secara tidak langsung mendidik kita ( SDM ) di sekolah atau seluruh komponen terkait untuk bekerja dan dapat bertanggungjawab dengan pekerjaannya. Hal ini tentu berimbas pada layanan terhadap masyarakat ( siswa ) yang akan belajar di sekolah tersebut.Dengan ISO siswa juga diharapkan terbiasa dengan pola kerja yang teratur dan sistematis. Hal ini dapat dilatih sejak awal yaitu menggunakan aturan ISO saat melaksanakan praktikum di bengkel. Praktikum harian harus berstandart ISO , yaitu bekerja dengan SOP misalnya mengikuti instruksi kerja, menggunakan APD ( Alat Pelindung Diri ) dengan benar, memperhatikan faktor keselamatan kerja ( K3 ), serta melaksanakan praktik dengan memperhatikan factor lingkungan. Dengan demikian budaya ini akan membentuk karakter siswa menjadi tenaga kerja yang profesional dan akan diterapkan saat merek memasuki dunia kerja.
  2. Secara fisik program sekolah Adiwiyata juga telah memberikan banyak pengaruh terhadap keberadaan SMK yang dulu terkesan jauh dari rasa peduli terhadap lingkungan  kini yang terjadi adalah kebalikannya. Suasana Adiwiyata telah lekat dan akrab dengan kehidupan sehari-hari di SMK tak terkecuali di SMK Negeri 2 Pasuruan. Semangat Adiwiyata telah membentuk rasa kepedulian yang tinggi siswa terhadap lingkungan. Kesan kumuh tak lagi terlihat di sekolah. Hijau daun mendominasi lingkungan disertai dengan keanekaragaman hayati menyatu dalam lingkungan yang asri. Slogan-slogan dan himbauan terhadap kebersihan lingk


    0 Komentar :