Senin, 01 September 2014 - 22:56:12 WIB
Pencanangan Sekolah Anti Narkoba
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Pendidikan - Dibaca: 2170 kali

Narkotika adalah bahan/zat yang jika dimasukkan dalam tubuh manusia, baik secara oral/diminum, dihirup, maupun di suntikan, dapat mengubah pikiran, suasana hati atau perasaan dan perilaku seseorang. Narkotika dapat menimbulkan ketergantungan (adiksi) fisik dan psikologis.

Kalangan pemuda atau remaja (anak usia sekolah) merupakan korban terbesar dari zat adiktif tersebut. Marak sekali terjadi kematian akibat over dosis dari penggunaan zat tersebut. Penyalahgunaan narkotika juga dapat memicu terjadinya kriminalitas. Dampaknya secara tidak langsung dirasakan juga oleh masyarakat umum, misalnya pelayanan publik yang kurang memuaskan akibat para pelaku pelayanan publik (pegawai) tersebut telah dirusak mental dan pribadinya akibat penyalahgunaan narkoba, atau kekerasan dalam rumah tangga dan ketidak harmonisan hubungan dalam rumah tangga akibat salah satu dari anggota keluarga telah menjadi jungkie (sebutan lain untuk pengguna narkoba), juga semakin meningkatnya tindak kriminal di masyarakat. Semakin banyaknya macam modus operandi yang dilancarkan para pelaku kriminal tidak terlepas dari efek buruk penyalahgunaan narkoba, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa barang haram tersebut dibeli dengan harga yang sangat tinggi sedangkan tidak semua pengguna narkoba memiliki kemampuan yang besar untuk setiap saat membeli narkoba.

SMK Negeri 2 Pasuruan berpartisipasi aktif dalam Pendidikan Anti Narkoba di lingkungan Sekolah maupun lingkungan masyarakat.




0 Komentar :