Rabu, 30 Januari 2013 - 10:43:44 WIB
PEMBELAJARAN MATEMATIKA (TRIGONOMETRI) BERBASIS LINGKUNGAN HIDUP PENGUKURAN TINGGI POHON DENGAN ALAT
Diposting oleh : Runa R.
Kategori: Kegiatan Adiwiyata - Dibaca: 5717 kali

 

SMK Negeri 2 Pasuruan telah berkomitmen menuju sekolah adiwiyata sejak bulan Oktober 2012 lalu, hal ini tertuang dalam visi dan misi SMK Negeri 2 Pasuruan.

Salah satu poin dalam misi sekolah yaitu poin I menyatakan bahwa mengembangkan model pembelajaran peduli lingkungan secara partisifatif dan berkelanjutan. 

Salah satu bentuk pelaksanaan misi tersebut dilakukan dalam pembelajaran Matematika kelas XI dalam ruang lingkup Trigonometri.

Pembelajaran  Matematika berbasis LH tersebut menggunakan pendekatan CTL (contextual teaching learning) dengan metode pembelajaran pengamatan dan  observasi langsung, dalam ruang lingkup  trigonometri  dan tujuan pembelajaran siswa dapat mengukur tinggi pohon menggunakan perhitungan tangen, sesuai isu lokal sekolah yaitu keanekaragaman hayati.

Media pembelajaran yang digunakan adalah klinometer sederhana yang terbuat dari benda-benda bekas sebagai bentuk pengolahan limbah yang terdiri dari sisa paralon air, tutup botol bekas dan penggaris busur. 

Setiap siswa dapat membuat alat tersebut dengan bahan-bahan bekas di sekolah maupun dirumah. 

Klinometer tersebut berfung si mengukur sudut elevasi.

Prosedur pengamatan adalah sebagai berikut:

1. Mengukur tinggi pengamat.

2. Pengamat menggunakan klinometer untuk menentukan sudut elevasi dengan cara mengarahkan pandangan ke pucuk pohon sampai skala sudut pada klinometer menunjuk  sudut 45 derajat.

3. Mengukur jarak antara pohon dengan posisi berdiri pengamat.

Dari hasil pengamatan dapat dihitung tinggi pohon obyek pengamatan yaitu

Tinggi pohon = jarak antara + tinggi pengamat

Demikian  salah satu implementasi pembelajaran matematika berbasis LH di SMKN 2 Pasuruan yang dilaksanakan semester genap kelas XI. 

Oleh : Hilyatun Nadzifah, S.Pd 


 




0 Komentar :