Jumat, 10 Juni 2011 - 05:27:28 WIB
Lulusan SMK Siap Saing di Dunia Kerja
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Pendidikan - Dibaca: 2276 kali

JAKARTA - Pergeseran paradigma tentang SMK yang tidak lagi menjadi sekolah anak-anak buangan ditanggapi beragam oleh para pendidik. Sebagian besar setuju hasil kampanye ini telah membuahkan hasil.

Pemerintah lewat kampanye SMK Bisa! mempromosikan kualitas SMK sebagai pencetak tenaga kerja siap pakai yang mampu bersaing di dunia industri. Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) yang mengadopsi kurikulum nasional dari pemerintah memang menyiapkan para lulusan SMK agar memiliki kompetensi lebih.

Guru SMKN 51 Jakarta Hartono menyatakan, lulusan SMK bisa langsung bekerja atau membuat usaha sendiri. "Lulusan SMK punya kompetensi dan keahlian yang layak diperhitungkan oleh dunia industri. Mereka bisa melakukan sesuatu yang lebih serta mampu bersaing dengan lulusan sekolah lain," ujarnya kepada okezone beberapa waktu lalu.

Senada dengan Hartono, Guru SMKN 27 Jakarta Sri Hepda M menyatakan, beberapa tahun lalu seseorang gengsi masuk SMK karena masih dianggap sekolah buangan. "Sekarang masyarakat bisa melihat, daripada memilih SMA yang perjalanannya masih panjang, orang tua kini memilih SMK sebagai sekolah karena lulusannya bisa langsung kerja. Sementara di SMA, siswa tidak dapat pelajaran keterampilan," papar wanita yang akrab disapa Hepti ini. 

Minat orang tua memasukkan anak mereka ke SMK kini meningkat. Mereka berharap, begitu lulus SMK, anak mereka bisa siap bekerja.

Guru SMKN 1 Kalasan, Yogyakarta, Agus Winardi mengklaim, sangat yakin lulusan SMK siap bekerja. "Jadi, lulus SMK, alumni tidak sekedar bengong, tetapi ada sesuatu yang bisa mereka kerjakan. Buktinya, menjelang ujian akhir, banyak perusahaan menyebar brosur lowongan pekerjaan ke sekolah dan menawarkan pekerjaan bagi para alumni," jelasnya. Agus menambahkan, SMKN 1 Kalasan telah bekerja sama dengan 175 perusahaan di daerah setempat.
(rhs)

 sumber: okezone.com 




0 Komentar :